Merawat Printer Deskjet

Beberapa tips merawat printer adalah sbb :

1. Kontinyu digunakan
Menggunakan printer secara teratur akan membuatnya bekerja secara konsisten dan menghindarkannya dari masalah. 

2. Bersihkan permukaan
Biasakan untuk membersihkan ketika akan mengganti catridge tinta. 

3. Bersihkan bagian dalam
Gunakan kuas atau penyedot debu portabel untuk membersihkan debu di dalam printer. Sedangkan untuk residu tinta tidak perlu dibersihkan, karena residu ini tidak terlalu mengganggu. Bahkan jika dibersihkan apalagi dengan alkohol justru akan merusak printer. Jangan juga menggunakan pelumas yg ada pada batang metal yg menjadi rel tinta. Yg perlu dibersihkan adalah catridge yg biasanya sumber masalah, yaitu karena cetakan bergaris-garis tanpa warna atau ada kesan kelebihan tinta di bagian tertentu. 

4. Bersihkan dengan utiliti
Pembersihan menggunakan utiliti adalah langkah awal dalam setiap ada persoalan dengan kualitas cetak. Utiliti manajemen printer ini biasanya ada di Properties untuk printer yg digunakan. Start dari control panel, printer, klik kanan dan properties. Lakukanlahh test print, jika ada masalah dengan kualitas cetak, cobalah cetak 2 - 3 lbr, yaitu untuk membuang gelembung air, atau tinta berbusa. 

5. Bersihkan secara manual
Untuk membersihkan head pada catridge secara manual, anda harus melepasnya dari tempatnya di dalam printer. Sebelum melepas catridge, pastikan printer telah dilepaskan dengan mencabut kabel listrik dari colokannya. Gunakan cotton bud, bukan tisu yang sudah dibasahi dengan air. Lalu bersihkan head dengan cotton bud tersebut. Lakukan dengan perlahan. Jangan menyapukan cotton bud ke pelat nozzle. Bersihkan hanya pada kotoran yg tertinggal di pelat nozzle saja. Untuk head berwarna gunakan hanya satu cotton bud untuk satu warna untuk menghindari transfer kotoran. Jika masih belum mantap, siapkan air panas sebanyak 3/4 gelas lalu tempelkan di bagian nozzle, bukan semua tubuh catridge. Anda akan melihat aliran tinta yg keluar ke air. Jika terlihat mulai lancar bisa dipastikan nozzle sudah bersih. Setelah itu angkat dan keringkan. Yg juga perlu diperhatikan adalah jangan sampai tinta benar-benar habis, karena ketika catridge kehabisan tinta, resistor pada head bisa terbakar. 

6. Matikan ketika tidak digunakan
Jika tidak digunakan dalam waktu lama seperti akhir jam kerja, istirahat. Mematikan dengan menekan tombol on/off pada printer. Mematikan printer ketika tidak digunakan bisa mencegah mengeringnya tinta pada nozzle.
 
Copyright © Dimas Pamungkas