Periferal komputer adalah berbagai
komponen yang terhubung ke CPU (Central Processing Unit) yang berfungsi sebagai
perangkat Input dan Output data kedalam dan keluar CPU yang selanjutnya
diproses oleh sistem komputer untuk mengolah data Input yang di-Input oleh
periferal Input seperti Mouse, Keyboard, Scaner, Recording Device, WebCam. Data
input ini apat berupa data Dokumen, Suara, Gambar, Gerakan dan Video.
Selanjutnya data yang telah dimasukan kedalam komputer akan diolah oleh peralalatan
Process untuk menghasilkan data Output yang akan ditampilkan dalam bentuk nyata
atau tidak oleh Periferal Output misalnya berupa Dokumen, Suara, Gambar, dan
Video yang dihasilkan oleh Periferal seperti
Monitor, Printer, Plotter, Speaker, HeadSet dsb.
Periferal tersebut termasuk dalam
katagori Hardware yang merupakan bagian dari tiga komponen utama komputer yaitu
:
- Hardware adalah perangkat keras yang dapat berupa benda/komponen
fisik yang secara nyata dapat disentuh dan dilihat.
- Software adalah
perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan harware berdasarkan perintah
yang di-Inputkan oleh Brainware melalui software sehingga hardware dapt
digunakan dan difungsikan.
- Brainware adalah perangkat akal yang memanajemen atau
berfungsi untuk memasukan perintah agar Software dan Hardware dapat beroprasi
sesuai dengan fungsinya.
Berdasarkan kegunaannya, periferal
komputer terdiri dari 2 (Dua) tipe yaitu sebagai berikut :
- Periferal Utama (Main Periferals) : yaitu tipe
periferal yang keberadaannya harus ada pada saat menjalankan komputer
misalnya Mouse, Keyboard dan Monitor.
- Periferal Pendukung (Out Sillary Periferals) : yaitu
periferal pendukung yang keberadaannya tidak harus ada pada saat
menjalankan komputer misalnya Printer, Speaker, WebCam, Scanner dsb.
Berikut beberapa alat dari Periferal (Hardware) tersebut :
A. INPUT DEVICE.
1. Mouse
Mouse adalah perangkat input yang
dapat memasukan data berupa gerakan objek yang sebelumnya telah dipindai oleh Optikal yang ada pada Mouse
(Optical Mouse) tersebut, atau berupa gerakan bola yang berguling pada bagian
dalam badan Mouse (Ball Mouse). Mouse jika dibandingkan dengan Keyboard
memiliki kedudukan kedua setelah Keyboard karena selain untuk meng-Inputkan
data huruf, Keyboard juga dapat digunakan sebagi “Navigator” didalam
menjalankan suatu sistem operasi khususnya yang berbasis text
(Text Mode).
2. Keyboard
Keyboard merupakan perangkat input yang bentukya
mirip dengan mesin ketik. Melalui keyboard kita dapat memasukkan perintah serta
data berupa angka ataupun teks kedalam komputer.
Untuk keyboard memiliki beberapa varian tergantung dari jumlah “Key” yang
terdapat pada Keyboard tersebut misalnya 105
Key atau lebih, biasanya yang memiliki key lebih dari 105
adalah Multimedia Keyboard dan yang memiliki 105
key adalah Standard Keyboard.
3. Kamera
Kamera merupakan alat input yang
digunakan untuk menangkap
gambar dan video kedalam
komputer. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori
kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer
ke komputer. Gambar
dan video ini tersimpan di komputer dan anda dapat mengolahnya lebih lajut.
4. Scanner
Scanner
jika diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti Pemindai jadi Scanner berguna untuk mentransfer informasi baik berupa gambar maupun teks yang ada
di kertas kedalam komputer. Scanner sendiri terdiri dari dua jenis yaitu Plat Bed Scanner (Scanner yang umum digunakan untuk
memindai dokumen pada kantor atau instansi lainnya), Handheld Scanner (Scanner yang digunakan untuk memindai
Bar Code pada produk barang dan biasanya untuk mencari harga barang tersebut
dengan cepat sesuai dengan daftar harga, Scanner
ini biasanya digunakan pada Super Market).
5. Microphone dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan
disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikrophone, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang
yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikrophone ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi
untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan
suara.
6. WebCam
WebCam adalah device yang digunakan
untuk memasukan data berupa foto atau video kedalam komputer. Pada umumnya User menggunakan device
ini untuk keperluan multimedia atau komunikasi jarak jauh (Video Conference)
menggunakan saluran komunikasi Internet kecepatan tinggi (High Speed Internet
Acess).
7. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi
terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak
suatu objek dalam komputer.
B. OUTPUT DEVICE.
1. Monitor.
Monitor adalah periferal komputer
yang digunakan untuk menampilkan data yang sedang diproses oleh sistem
komputer yang sselanjutnya ditampilkan kepada User.Secara umum, monitor terdiri
dari dua jenis yaitu LCD Monitor (Liquid Cristal Display) dan CRT Monitor
(Catoda Ray Tube). Jenis monitor yang paling baik digunakan adalah jenis LCD
karena memiliki radiasi sinar ayng lebih rendaj dan lebih hemat listrik
dibandingkan dengan CRT.
2. Printer
Printer adalah perangkat output yang
digunakan untuk mencetak data pada dokumen yang biasanya berupa kertas. Printer
sekarang, bukan hanya sebagai pencetak dokument saja namun sudah dilengkapi
dengan scaner dan device lain seperti Card Reader, LAN dsb. Printer terdiri
dari beberapa jenis yaitu Bubble Jet, Laser Jet, Ink Jet, Dot Matrix, Dye Sublimation. Dari sekian jenis
printer tersebut yang memiliki kecepatan cetak paling tinggi adalah Laser Jet
yang menggunakan Toner sebagai “Tinta”.
3. Speaker.
Speaker adalah periferal yang
digunakan untuk mengeluarkan data berupa suara. Walaupun mempunyai fungsi yang
sama yaitu untuk mengeluarkan data berupa suara, namun speaker memiliki
kemampuan yang berbeda yang diukur dari kualitas keluaran suaranya.